Rabu, 28 November 2012

MLTR - Scandinavia (2012)


Michael Learns To Rock – Scandinavia (2012)

1. Renovate My Life
2. Any Way You Want It
3. Space Commander
4. Heaven Is My Alibi
5. Please Forgive Me
6. Hanging On
7. Shanghai in Tokyo
8. Crazy World
9. Make Me Feel
10. Icebreaker
11. Scandinavia



Pola penulisan lirik sederhana, melodi manis dan melanutkan—bagaimana menjadi karakter musik Jascha Richter, Mikkel Lentz dan Kare Wanscher sejak lama, masih dapat kita temukan di album terbarunya, Scandinavia. Dirilis empat tahun setelah kumpulan terdahulunya, Eternity, membuat Scandinavia terasa matang dan menyenangkan.

Lirik bertema kontemplatif hadir di nomor pembuka bertempo sedang, Renovate My Life. Puisi cinta nan manis tertuang di bait-bait Any Way You Want It. Heaven Is My Alibi tampil dengan lirik mudah dicerna dan dihapal. Make Me Feel disusun dalam balutan musik pop sederhana. Icebreaker, sesuai judulnya, mampu mencairkan suasana menjadi recup dan suam-suam kuku.

Tak hanya mengandalkan tembang-tembang bertema balada, lagu bertempo cepat juga ditampilkan MLTR pada Crazy World, Space Commander dan Shanghai in Tokyo—di mana kita dapat menemukan ritual lantai dansa di detak iramanya. Namun, kendati melodinya terkesan lebih tajam, semuanya masih terasa ramah didengar di pagi hari.

Lalu, denting piano nan manis, tatanan musik bernuansa akustik, ditambah lirik bertema kepulangan, membuat Scandinavia menjadi nomor sempurna penutup album. Tidak hanya mengumbar aura romansa dalam liriknya, kesan hangat pun terasa sublim di laras melodinya.

Selain cocok diputar sebagai teman berkendara, musik MLTR juga enak disimak dan didengarkan bersama anak dan istri di ruang keluarga. Meski beberapa lagunya terdengar konstan, penataannya di album cukup tepat dan dinamis—membuat kita betah mendengarnya kali berkali. MLTR juga semakin lihai memadukan notasi dan harmoni dalam setumpuk perangkat musik sederhana, barangkali bernaung di label sendiri membuat mereka semakin bebas berekspresi.

Dalam tiga dekade berkarya, delapan album telah tercipta, kira-kira apa lagi hendak diberikan MLTR selanjutnya? Kita nantikan =).

28 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Facebook

_